Jambu Mete

JAMBU METE atau Anacardium Occidentale L, merupakan tanaman yang berkeping biji. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian pohon hingga 9-12 meter, memiliki banyak cabang dan ranting. Batangnya berwarna coklat tua, daun berbentuk lonjong bulat telur dengan tepian berlekuk dan guratan rangka daunnya jelas.
Menurut peneliti Kimia Farmasi dari Universitas Negeri Yogyakarta Prof.Dr. Nurfina Aznam SU.Apt, buah jambu mete yang banyak mengandung vitamin C dan dikenal enak untuk dimakan ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Jambu mete mengandung senyawa kimia seperti tanin, anacardic acid dan cardol yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan antiseptik. Selain itu, daun jamu mete yang masih muda memiliki komposisi kandungan kimia seperti vitamin A, vitamin C, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi dan air. Khasiat dan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan jambu mete serta cara penggunaannya berdasarkan literatur antara lain:
Obat sariawan – Ambil kulit batang pohon jambu mete, cuci bersih dengan air mengalir, kemudian rebus dalam air mendidih lalu dinginkan. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin.
Diabetes mellitus – Ambil 2 potong kulit batang pohon jambu mete dan adas pulawaras secukupnya, kemudian rebus kedua bahan tersebut dalam 2 liter air sampai mendidih. Saring hasilnya untuk diambil airnya. Cara menggunakan, air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Disentri – Ambil segenggam daun jamu mete dan 1 potong kulit batangnya, kemudian direbus dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Saring hasilnya untuk diambil airnya. Cara menggunakan, minum air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.
Obat cuci perut – Ambil akar jambu mete secukupnya dan cuci hingga bersih. Rebus akar jambu mete tersebut hingga mendidih dan dinginkan. Cara menggunakan, minum air rebusan tersebut secara teratur.
Radang mulut – Ambil segenggam daun jamu mete dan 1 potong kulit batangnya, kemudian direbus dalam 1 liter air hingga mendidih. Saring hasilnya untuk diambil airnya. Cara menggunakan, minum air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s